ILmu Grafis Terbaru

Animasi Efek Ledakan (Photoshop/ImageReady)

Tutorial kali ini kita akan membuat animasi efek ledakan di udara. Berikut ini adalah tehnik mudah untuk diterapkan pada photoshop dan juga untuk kemudian dibuatkan animasinya dengan Image Ready. Mari kita mulai..!!!

1. Persiapkan Background
Buat image baru, 400x300 atau sesuai keinginan masing-masing, tapi cobalah dahulu dengan ukuran kecil agar mudah dipergunakan dalam tutorial ini. Sepanjang Anda menggunakan ukuran ini, akan banyak penyelesaian masalah yang mungkin dihadapi. Namun tutorial kali ini tidak memiliki banyak tips atau trik untuk kendala yang dihadapi bila Anda menggunakan ukuran yang lebih besar.

Tekan [D] pada keyboard untuk menukar posisi warna putih menjadi foreground dan hitam menjadi warna background.

Kini klik Paint Bucket tool dari toolbar and isi background dengan warna hitam, lalu klik pada Tab Layer dan buatlah layer baru


2. Rubah warna Foreground menjadi merah Klik warna foreground dan pilih pada pojok warna merah (A), disini saya buat contoh dengan FF0000(B).




3. Pilih ukuran brush
Select the proper brush
Pada toolbar klik tool brush. Pilih diameter Softrounds 100px , ini akan menimbulkan efek lembut pada saat melakukan brush. Diameter brush tergantung pada besar kecilnya ukuran image yang Anda buat di awal.

4. Gambar bentuk dasar
Sedikitnya kita gunakan 3 warna : merah, kuning dan putih.

Pertama kita mulai dengan warna merah, buatlah gambar bentuk bebas, pastikan gambar yang Anda buat terlihat acak, jadi jangan buat bentuk sebuah lingkaran atau kotak. Juga jangan nampak seperti gambar dengan outline, dan buatlah sisi dalam bentuk tadi menjadi lebih gelap. (Anda bisa saja bereksperimen dengan bentuk outline, namun kali ini hal itu kita lewati dahulu).
Setelah selesai, kita pilih warna kuning, saya gunakan nilai #FFFC00.

Buat bentuk baru dengan warna kuning tersebut berada di sisi dalam bentuk merah, usahakan jangan terlalu dekat dengan garis pinggir. Pertimbangkan pula untuk menjadikan 2 atau lebih bentuk terpisah dari bentuk kuning tadi selama masih dalam area merah. Jika ukuran brush terlalu besar, rubah diameternya ke ukuran lebih kecil, misalnya dengan memilih [soft round 45 pixels].

Terakhir rubah foreground dengan warna putih (#FFFFFF). Kali ini warna putih harus berada di dalam area kuning, seperti halnya tadi, rubahlah ukuran brush menjadi lebih kecil, misal dengan [soft round 27 pixels].


Bila Anda lakukan sesuai petunjuk, maka hasilnya akan tampak seperti ini :



5. Penyatuan warna

Klik menu Filter/Blur/Gaussian Blur... ketik radius 40 pixels (besarnya radius tergantung dari besar image yang Anda buat di awal) dan klik OK.

Pada menu layer klik [Create new fill or adjustment layer] lalu pilih Hue/Saturation... dan klik OK.



Kini kita memiliki sebuah Hue & Saturation Adjustment Layer dan akan kita rubah menjadi potongan layer dengan bentuk blur yang berada di atas semua layer dengan cara klik [layer] pada menu, pilih [Group with previous] atau langsung saja ketik Ctrl-G

6. Tambahkan layer berawan
Beralihlah ke tab layers dan klik ikon Create a New Layer untuk menambah layer baru.
Langkah pertama, kita atur kembali warna pada foreground dan background; tekan D pada keyboard, ini akan membuat foreground menjadi hitam dan background menjadi putih.



Kemudian isi layer dengan warna hitam, gunakan Paint Bucket tool atau tekan bersamaan Alt+Backspace.
Pada menu bar, klik select Filter/Render/Clouds.

Hasilnya adalah tampilan acak yang bagus, jika merasa kurang lakukan lagi proses Filter/Render/Clouds atau tekan Ctrl+F sampai Anda temukan hasil yang sesuai..

Atur blending mode pada layer ini menjadi Color Dodge

7. Tambahkan levels adjustment layer
Klik ikon Create an Adjustment Layer pada bar layer kemudian pilih Levels... lalu klik OK.

Kini kita mempunyai sebuah Levels Adjustment Layer dan seperti pada langkah 5, kita akan mengubahnya menjadi Clipping Layer, dan kali ini berada di atas layer Clouds, dengan cara menekan Ctrl + G. Dengan melakukan clipping Layer, maka dapat dipastikan bahwa adjustment hanya berefek pada layer yang kita pilih (levels 1).

8. Pilih Brush yang tepat
Kini buka Levels Adjustment Layer dengan mengklik dua kali ikonnya pada palette layer.

Geser slider abu-abu /tengah, Anda bisa menggesernya ke kiri atau kanan tergantung rencana pembuatan.


Hasil akhir

Ini adalah hasil akhir dari yang kita kerjakan, mungkin agak berbeda karena seperti saya katakan di awal bahwa hasilnya tergantung eksperimen atau percobaan yang Anda buat.



9. Hue & Saturation adjustment layer
Kini buka Hue & Saturation Adjustment Layer dengan mengklik dua kali ikonnya pada palette layer.
Anda dapat menggeser slider Hue untuk merubah warna atau menggeser slider Saturation untuk merubah saturasinya.

10. Animasi
Ada banyak hal dalam tutorial ini yang membuat lebih mudah untuk dijadikan animasi, hal ini antara lain dapat dibuat dengan :

- Ctrl+F merender ulang efek awan/clouds
- Adjustment layer tiap perubahan hue atau saturation
- Adjustment layer tiap perubahan level
Sebab kemudahan ini dapat kita buat menggunakan program ImageReady yang telah disertakan dalam Photoshop.

Facebook Twitter RSS